Besok, TKN Jokowi – Ma’ruf Resmi Dibubarkan

Besok, TKN Jokowi – Ma’ruf Resmi Dibubarkan

bangoprek
Kamis, 25 Juli 2019


Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Moeldoko memastikan, TKN akan dibubarkan secara resmi pada Jumat (26/7/2019) besok.
“Kami akan membuat acara pembubaran TKN,” ujar Moeldoko saat dijumpai di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Kamis (25/7/2019).
Acara pembubaran TKN itu sendiri, lanjut Moeldoko, sudah dipercayakan kepada sekretaris jenderal masing-masing partai politik.
“Mungkin sekjen-sekjen sekarang akan membicarakan, apa kira-kira yang akan digelar nanti,” ujar mantan Panglima TNI tersebut.
Moeldoko menambahkan, ia sempat berpikir bahwa TKN akan bersifat permanen selama jalannya pemerintahan Jokowi-Ma’ruf. Tapi, ia belakangan menyadari bahwa politik bersifat dinamis.
“Ternyata politik begitulah. Tidak ada sesuatu yang permanen. Semua sangat dinamis dan selalu mencari keseimbangan baru. Nah, itu udah rumus politik sudah seperti itu,” kata dia.
Ia pun sekaligus mengapresiasi kekompakkan TKN selama masa pemilihan umum 2019. Menurut Moeldoko, komunikasi di sesama anggota TKN yang terdiri dari sembilan partai politik terbangun sangat baik.
TKN Koalisi Indonesia Kerja diketahui berjumlah 150 orang. Pimpinannya, yakni Erick Thohir dengan delapan orang sebagai wakil. Salah satunya adalah Moeldoko, Arsul Sani dan Abdul Kadir Karding.
TKN yang terdiri dari PDI Perjuangan, Golkar, Nasdem, PKB, PPP, Hanura, PSI, Perindo dan PBB berhasil memenangkan capres serta cawapres yang diusung dalam Pilpres 2019, yakni pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin.
Berdasarkan penetapan KPU, pasangan nomor urut 01 unggul dengan perolehan 85.607.362 atau 55,50 persen. Sementara, perolehan suara Prabowo-Sandi sebanyak 68.650.239 atau 44,50 persen.
Selisih suara kedua pasangan mencapai 16.957.123 atau 11 persen. (Red)
Sumber : Kompas.com