Korsleting Belt Conveyor Diduga Picu Kebakaran Gudang PT SUJ

Korsleting Belt Conveyor Diduga Picu Kebakaran Gudang PT SUJ

bangoprek
Selasa, 23 Juli 2019


Petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Cilegon baru berhasil memadamkan sumber api di gudang raw sugar milik PT Sentra Usahatama Jaya (SUJ) pada Selasa (23/7/2019) pagi tadi, setelah pabrik gula rafinasi tersebut mengalami insiden kebakaran pada Senin (22/7/2019) petang kemarin.
“Tadi pagi kita baru selesai pendinginan lokasi sekitar jam 06.00 WIB. Dugaan sementara karena ada percikan api di belt conveyor, karena di bawahnya itu kan ada gula curah, (penyebab kebakaran-red) biasanya sih karena arus listrik ya,” ungkap Kasi Operasi Pemadaman DPKP Kota Cilegon, Nanung Eko Siswanto
Lamanya proses pemadaman hingga pendinginan, kata dia, disebabkan lantaran besarnya api di dalam gudang yang menjorok ke dalam dan menjalar hingga ketinggian sekira 25 meter sehingga sulit dijangkau.
“Kita datang itu apinya sudah besar. Jangkauan air ke dalam lokasinya itu kan agak susah ya, jadi kita butuh tekanan tembakan air yang lebih besar dengan water canon. Karena kan curahan yang jatuh dari conveyor itu juga susah matinya. Makanya mesin-mesinnya pada terbakar semua itu,” katanya.
Terkait dengan insiden itu, untuk lebih memastikan penyebab kejadian aparat kepolisian dari Polsek Ciwandan bahkan langsung garis polisi di sekitar lokasi kejadian. “Kita masih lakukan penyelidikan sumber apinya. Sudah (dipasangi garis polisi-red),” ungkap Kapolsek Ciwandan, Kompol Idrus Madaris melalui pesan WhatsApp.